Skip to main content

Spesifikasi Service Management Tools

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih spesifik dari spesifikasi servis managment . dari artikel sebelumnya diketahui ada banyak spesifikasi servis management system . salah satunya yaitu service management tools dimana ada tiga bagian dari servis management tools ini seperti yang terdapat pada SAP mata kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi .
untung bagian yang pertama :

1. Tool Assessment Framework


Ada banyak solusi dan alat ITSM yang telah muncul untuk membantu organisasi menerapkan ITSM secara efektif , merampingkan penyampaian layanan ,transparansi dan komunikasi . Intinya alat ITSM adalah solusi dari manajemen alur kerja yang mencakup kemampuan yang sangat berharga bagi tim tim IT  . adapun solusi yang berdiri bebas seperti help desk dan pusat pengetahuan.
Dengan pertimbangan tesebut,adapun fitur fitur yang membuat solusi ITSM menjadi kuat atau disebut juga denga suite ITSM : 

  1. Alat layanan meja
  2. Manajemen tiket terpusat
  3. Manajemen insiden dan masalah
  4. Manajemen aset TI
  5. Portal swadaya dan pusat pengetahuan untuk pengguna akhir
  6. Manajemen lisensi
  7. Metrik dan Analitik


solusi yang paling efektif untuk meningkatkan sifat manajemen alur kerja sistem ITSM juga mencakup manajemen perubahan yang disederhanakan dan manajemen konfigurasi . alat ITSM membantu mengatur bagaimana layanan TI disampaikan dalam perusahaan,berdasarkan anggaran, orang , proses dan hasil.

Banyak perusahaan menggunakan perangkat lunak help desk untuk melakukan banyak fungsi ITSM, meskipun perangkat lunak help desk tidak dirancang khusus untuk ITSM. Hanya karena Anda dapat melakukannya bukan berarti Anda harus melakukannya.

Manajemen layanan TI paling sering dikaitkan dengan kerangka kerja ITIL, tetapi berbagai jenis kerangka kerja dan standar ada dan digunakan oleh organisasi di seluruh dunia. Mari kita lihat kerangka kerja dan proses ITSM paling populer:

1. ITIL - Versi pertama ITIL, bernama Manajemen Infrastruktur Teknologi Informasi Pemerintah, dirilis oleh Central Computer and Telecommunications Agency pada awal 1980-an. Ini dikembangkan sebagai seperangkat standar untuk meningkatkan kinerja TI. Standar tersebut diadopsi pada tahun-tahun berikutnya oleh entitas pemerintah dan non-pemerintah. Ketika standar semakin populer, mereka melewati beberapa versi (ITIL V2, ITIL V3) dengan versi terbaru yang dirilis pada 2011: ITIL 2011. Pada 2014, kepemilikan ITIL dipindahkan ke Axelos, sebuah organisasi layanan profesional yang berbasis di Inggris. Proses ITIL menurut ITIL 2011 mencakup dalam 5 publikasi terpisah: strategi layanan, desain layanan, transisi layanan, operasi layanan, dan peningkatan layanan berkelanjutan.

2. COBIT - Kerangka kerja tata kelola ini dibuat oleh IT Governance Institute dan Asosiasi Audit dan Kontrol Sistem Informasi (ISACA) dan melengkapi ITIL untuk tata kelola TI. Fokus COBIT adalah pada kualitas, kontrol, dan keandalan sistem informasi.

3. Six Sigma - Diperkenalkan pada tahun 1986 oleh Motorola, six sigma berfokus pada peningkatan proses. Statistik digunakan untuk mengukur kualitas dan kemampuan proses dan menghilangkan cacat.

4. ISO / IEC 20000 - Standar yang diakui secara internasional ini memiliki dua bagian. ISO / IEC 20000-1 menyediakan praktik terbaik untuk mengembangkan dan menerapkan solusi ITSM dan ISO / IEC 20000-2 menyediakan praktik terbaik untuk mengintegrasikan orang, proses, dan teknologi. ISO / IEC 20000 bekerja bersama dengan ITIL dan kerangka kerja ITSM lainnya

5. Microsoft Operations Framework (MOF) - Serangkaian 23 dokumen yang memberikan panduan di seluruh siklus hidup TI dengan tujuan membantu TI membangun layanan yang konsisten dan hemat biaya.

6. TOGAF - Kerangka Arsitektur Grup Terbuka (TOGAF) menyediakan metode dan solusi, yang mencakup Metode Pengembangan Arsitektur untuk mengelola siklus hidup arsitektur menggunakan proses berulang.

7. FitSM - Standar ITSM yang gratis dan ringan dengan tujuan menciptakan standar yang jelas untuk ITSM yang efektif. FitSM tidak dikelola oleh organisasi standar yang ditetapkan.

8. eTOM - Kerangka operasi bisnis khusus untuk penyedia layanan telekomunikasi.


2. Analysis OF Spesific ITSM Tools


fitur fitur yang dicangkup oleh perangkat lunak ITSM terbaik:
  1. Manajemen masalah dan insiden:  Temukan solusi untuk mengurangi waktu henti dan mencegah insiden sebelum terjadi.
  2. Tiket : Melacak solusi dan menetapkan pekerjaan berdasarkan spesialisasi atau pengalaman teknis dan mengamati tren dalam lingkup pekerjaan.
  3. Model layanan TI siap: Gunakan model praktik terbaik yang ada untuk memandu proses Anda dengan model layanan TI bawaan.
  4. Manajemen aset: Lacak dan kelola perangkat fisik dan add-on di sepanjang siklus hidupnya.
  5. Manajemen lisensi: Melihat persyaratan lisensi dan mengelola pembaruan, dan diberi tahu tentang perubahan atau pembaruan yang akan datang.

3. Selection Of the Tool that Best Fits a Given SMS


beberapa contoh alat ITSM terbaik :


Berdasarkan perusahaan ITSM


Perusahaan memiliki kebutuhan yang kompleks ketika datang ke it , apakah itu untuk menyediakan perangkat dan sever untuk tenaga kerja global atau mempertahankan kinerja SLA di aplikasi cloud dan on-premise . untuk mengurangi beberapa tekanan , alat alat ITSM ini akan membantu.

1. Service Now

ServiceNow memasarkan produk mereka berdasarkan kemudahan penggunaan untuk pengaturan, proses pembangunan, dan penggunaan pelanggan. Produk ini menawarkan proses ITIL bawaan untuk membantu Anda memulai dan Dewan Tugas Visual memungkinkan tim Anda tetap produktif tanpa banyak reorganisasi alur kerja. Fitur otomasi membantu tim Anda bergerak di sekitar tugas yang berulang dan terus ke masalah yang lebih sulit. Portal pengguna online memungkinkan pelanggan untuk menghubungi dan meminta layanan dengan mudah dan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan di front-end.

Servis sekarang ITSM

2. BMC Remedy


BMC Remedy 9 ITSM

Sekarang pada iterasi ke-9, BMC Remedy menggunakan desain mobile-first untuk memberi akses departemen TI ke alur kerja mereka dari perangkat apa pun. Produk ini sangat membantu tim TI yang melayani berbagai lokasi. Gunakan salah satu dari 90 laporan bawaan untuk memantau masalah dan berkomunikasi dengan staf. Remedy adalah rangkaian lengkap ITSM yang mencakup produk-produk BMC lainnya seperti MyIT self-service help desk dan perencanaan siklus hidup Atrium CMBD.

Berdasarkan Solusi yang Dapat Diskalakan

Dalam kategori ini, Anda akan menemukan alat ITSM yang cocok untuk usaha kecil dan berkembang, tetapi juga dirancang untuk menskalakan pertumbuhan di masa depan.'

1. Samanage

Samanage ITSM

Samanage memberikan tim alat semua ukuran untuk membangun sistem manajemen layanan TI, dengan harga yang baik untuk usaha kecil dan skala ke tingkat perusahaan. Samange membantu departemen TI mendapatkan wawasan tentang masalah dan tingkat layanan untuk meningkatkan efisiensi di seluruh lingkungan mereka. Dibangun di platform Salesforce Service Cloud, perangkat lunak ini menghubungkan beberapa layanan dari seluruh bisnis dan meningkatkan visibilitas untuk semua pengguna.

2. Charwell

Cherwell Screenshot Alat ITSM

Cherwell memberi ITSM opsi yang fleksibel, termasuk di tempat dan SaaS. Integrasi tanpa kode berarti perangkat lunak Anda dapat terhubung dengan aplikasi lain dan meningkatkan secara otomatis tanpa mengalihkan sumber daya dari departemen TI Anda. Cherwell termasuk manajemen aset TI sehingga tim dapat melacak dan meningkatkan proses terkait manajemen dan peningkatan aset. Sistem menggunakan kode yang sama antara versi cloud dan on-premise, yang membuatnya mudah untuk beralih antar konfigurasi.

3. SpiceWorks

Spiceworks ITSM


Spiceworks menawarkan perangkat lunak untuk help desk, mobile help desk, inventaris, dan pemantauan jaringan untuk departemen TI. Anda dapat mengunduh alat-alat ini satu per satu untuk membangun program ITSM yang saling berhubungan. Spiceworks menawarkan versi gratis yang didukung iklan yang sempurna untuk uji coba dan harga tahunan untuk menghapus iklan. Jika Anda memiliki beberapa aplikasi pihak ketiga yang berjalan untuk departemen TI Anda, perangkat lunak ini dapat terhubung melalui API untuk mengintegrasikan seluruh sistem.

Berdasarkan ITSM untuk Keamanan

Opsi-opsi ITSM ini dibangun dengan mempertimbangkan keamanan informasi. Baik itu transfer data yang aman antar sistem, mencadangkan data di perusahaan Anda, atau memblokir ancaman luar, alat ini dirancang untuk menjaga keamanan lingkungan TI Anda.

1. Symantec

tangkapan layar symantec itsm tools

Symantec telah lama menjadi pemimpin dalam keamanan internet, dan mereka membawa pendekatan yang sama untuk produk ITSM mereka. Gunakan perangkat lunak ini untuk manajemen tambalan, manajemen aset, dan manajemen lisensi perangkat lunak untuk Windows dan perangkat Mac di seluruh perusahaan Anda. Symantec memahami pergerakan yang semakin menjauh dari perusahaan khusus Windows, dan ITSM mereka mendukung semua sistem operasi utama. Alat manajemen aset meliputi penemuan perangkat dan manajemen lisensi untuk membantu Anda memahami dan meningkatkan perangkat di jaringan Anda.

2. Autotask

tangkapan layar autotask - alat itsm

Autotask adalah platform bisnis TI terpadu yang menggabungkan akses ke produk manajemen TI, manajemen dokumen, dan manajemen aset. Semua ini disediakan sebagai layanan cloud dengan uptime yang dijanjikan 99,99 persen. Akses CRM, meja layanan, waktu dan penagihan, dan laporkan semua dari sistem yang sama. Fitur manajemen seluler jarak jauh memberi Anda visibilitas ke semua perangkat di jaringan Anda, dan Autotask Endpoint Backup menyediakan keamanan cadangan untuk tim Anda.

3. SysAid


Perangkat lunak all-in-one service dan help desk SysAid dirancang untuk memberi pengguna dan pelanggan akses ke layanan dengan hambatan masuk yang lebih rendah. Alat Help Desk memberi pelanggan portal layanan mandiri dengan basis pengetahuan, sementara fitur tiket dan otomatisasi menggerakkan penyedia layanan lebih cepat menuju solusi. ITSM ini dibangun berdasarkan metode ITIL dan mencakup kemampuan untuk manajemen masalah, manajemen perangkat seluler, dan alur kerja. Rencana dasar mencakup tiga admin dan 120 aset; fitur tambahan dapat ditambahkan a la carte.


Perangkat ITSM sangat penting untuk mengelola siklus hidup aset Anda dan memadamkan kebakaran TI sebelum mengganggu produktivitas. Saat mencari ITSM yang tepat, cari tahu kebutuhan dan proses Anda saat ini, dan tentukan dengan tepat fitur dan kemampuan yang Anda cari. Ini akan membantu Anda memilih sistem ITSM berdasarkan nilai aktualnya untuk departemen Anda alih-alih harga saja.


referensi dan sumber :
http://www.servicenow.com/content/dam/servicenow/images/solutions-asset
https://technologyadvice.com/blog/information-technology/itsm-tools/
https://www.comparitech.com/net-admin/itsm-tools/
https://www.cherwell.com/library/blog/six-essential-tips-itsm-tool-selection/


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menggunakan Oli Adnoc Voyager Silver 10w-40 di Satria Injeksi

Halo sobat ISce , setelah kemarin ane mereview tentang penggunaan oli diesel di sibiru alias Satria Injeksi ane , sekarang giliran membagi pengalaman saya selama menggunakan oli PCMO yaitu Adnoc Voyager Silver 10w-40 di satria injeksi ane AVS Pelumas yang ane pake ini biasa disebut dengan oli arab atau oli gurun mwehehehe . Oli ini sebenarnya adalah oli yang diperuntukan untuk mobil . Nah langsung saja , untuk impresi awal si oli ini untuk akselerasi dan stop n go di kemacetan si cukup mumpuni belum terlalu wah banget tapi memang banyak si yang bilang oli ini mulai berasa enaknya setelah 500 km ditempuh , karna begitu penasarannya  hari hari pun berlalu bersama dengan oli ini sudah menempuh jarak 500km lebih dan cukup membuat kaget ane , dimana disaat oli motor umumnya sudah mulai berasa gaenak oli ini justru malah menunjukkan peforma aslinya yang sanga aduhai melehoi ,akselerasi jadi sangan enteng dan berasa dan untuk macet macettan dengan mesin suzuki satria yang terkena

Tren Teknologi yang Akan Berkembang di Masa Depan , tentang Cloud Computing , Moblie Computing, Ubiquitous Computing, Nano Science dan Grid Technology

Ada pun tren teknologi yang dikatakan akan sangat menjadi trending di masa depan yaitu tentang kendaraan tanpa awak (Pengemudi) atau yang disebut dengan " Google Self-Driving car " Google Car Belakangan semakin berkembangnya teknologi manusia apa yang dahulu hanyalah fiksi dalam layar kaca kini perlahan mulai terealisasi, teknologi yang bisa merealisasikannya adalah kecerdasan buatan atau   artificial intelligence (AI) .   S ebagaimana kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas yang umumnya berkaitan dengan tugas manusia semakin banyak dan semakin beragam data yang diolah, membuat komputer akan lebih mampu meniru tindakan manusia. Salah satu contoh penggunaan AI bagi dunia otomotif bisa dilihat melalui mobil tanpa pengemudi, yang di lengkapi kamera beresolusi tinggi, beragam sensor, digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bagian dari  big data  dan selanjutnya diproses oleh komputer yang tertanam di dalam mobil unt