Halo brads salam long drain interval . Kali ini kita akan membahas tentang Fuel Dilution
Nah dari pembahasan di atas kita sudah dapat simpulkan brads betapa berbahayanya Fuel Dilution pada mesin . Untuk itu alangkah baiknya kita rajin mengecek oli kita brads apakah terkena FD atau tidak karna FD tidak terlalu berasa efeknya sebelum sudah semakin parah . Untuk pencegahan FD salah satunya adalah hindari pemakaian oktan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk motor harian brads .Mungkin nanti saya akan mereview beberapa cara agar terhindar dari FD brads. Mungkin Itu aja brads salam Long Drain interval
Pertama agan agan udah pada tau belom apa itu Fuel Dilution atau yang biasa disingkat dengan FD pada motor ?? .. Yuk kita belajar mengenali apa itu FD dan apa efeknya
Gambar saya ambil dari blog kupasmotor brads akakaka
Apakah agan agan sekalian pernah mendengar apa itu Fuel Dilution? Bila belum memahami apa itu Fuel Dilution, kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut.Fuel Dilution adalah peristiwa dimana bahan bakar yang masuk kedalam crackcase dan bercampur dengan oli mesin motor Anda. Fuel Dilution sering terjadi di motor yang pemiliknya tidak mengetahui cara merawatnya dengan benar. Fuel Dilution sebenarnya adalah kejadian yang sangat umum terjadi pada kendaraan baik itu motor maupun mobil. Meskipun umum terjadi banyak orang yang masih menyepelekan hal ini.
Cara untuk mengecek apakah sepeda motor Anda mengalami Fuel Dilution tidaklah sulit brads. Brads hanya perlu membuka dipstick atau penutup oli mesin, teteskan pada kertas tisu. Perhatikan warna dan cium baunya. Jika berwarna kehijauan (sesuai bahan bakar yang digunakan) dan berbau bensin, maka sepeda motor Anda positif mengalami Fuel Dilution. Meskipun umum terjadi, Anda tidak boleh menyepelekan masalah ini.
Itu hasil cek disptik oli Fastron Diesel di motor Satria Injeksi saya brads yang terkena FD tapi ga terlalu parah karna langsung ketauan ama saya brads tercium sedikit bau bensin pada oli nya .
Bercampurnya oli dengan bensin akan mengakibatkan banyak hal antara lain :
- Oli menjadi cepat encer (viskositas turun).
- Pelumasan yang kurang maksimal.
- Gesekan antar komponen meningkat terutama di bagian liner dan piston.
- Pelumas tidak mampu membersihkan mesin dengan baik.
- Dapat menimbulkan kerak atau lapisan kuning di permukaan logam.
- Berkurangnya tekanan oli.
- Dapat menimbulkan asam dan korosi.
- Interval pergantian oli jadi lebih cepat.
lihat pada poin ke 8 brads , oli Fastron Diesel yang saya pakai jadi tidak bisa tahan lama di pemakaian kedua ini brads pemakaian pertama PFD ini kuat menempuh hingga 3000 km brads selama 5 bulan nah pemakaian kedua ini hanya sanggup 2000 km brads . Cukup disayangkan kan efeknya ?
Berikut analisa menurut laboratorium uji oli Castrol:
Castrol Labcheck – Fuel Dilution
Castrol Labcheck – Fuel Dilution
Dikatakan bahwa fuel dilution dapat menyebabkan berkurangnya performa dari berbagai segi. Oli mesin yang lebih encer akan menyebabkan pengurangan film strength yang dapat menyebabkan keausan yang berlebihan (Ini yang ngomong castrol ya, encer = berkurang film strength = bikin aus).
Fuel dilution yang hanya 5% akan bisa membuat oli dengan SAE 30 jadi seencer oli dengan SAE 20. Fuel dilution lebih dari 4% itu sudah butuh penanganan yang serius.
Causes | Efek |
Bensin nggak cocok | logam ketemu logam |
Idle lama | Pelumasan payah dan oli makin encer |
Mengendarai stop and go | Peningkatan aus keseluruhan |
Injectors nggak ok | aus cylinder ring dan bearing |
Pompa atau saluran bensin bocor | Berkurangnya kemampuan aditif |
Pembakaran tidak sempurna | Resiko terbakar atau meledak bila fuel dilution terlalu parah |
Timing nggak pas | Boros |
Umur mesin berkurang |
sumber ilmu dari website deltalube.com
Comments
Post a Comment