Skip to main content

Pengertian Budaya dan Contoh Contoh Budaya dari Suatu Daerah (R)

BUDAYA

Budaya merupakan suatu cara hidup yang diwariskan dari generasi ke generasi. Unsur yang terbentuk di dalam budaya bisa dikatakan sangat rumit karena terbentuk dalam sistem agama dan politik, adat istiadat, pakaian, bahasa, bangunan, karya seni sampai dengan makanan. Sehingga budaya bersifat kompleks, abstrak dan luas yang mengakibatkan dipelajari oleh banyak orang.



Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah, yang merupakan jamak dari kata buddi yang berarti budi atau akal. Yaitu semua hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Kata budaya ini diambil dari bahasa Latin Colere yang berarti mengolah atau mengerjakan. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan kata Culture.
Budaya secara umum adalah cara hidup yang mengatur agar setiap manusia mengerti dan memahami bagaimana mereka harus bertindak, berlaku, berbuat dan menentukan sikap saat berhubungan dengan orang lain. Semua hal ini berkaitan dengan cara komunikasi atau bahasa, adat istiadat dan kebiasaan yang terjadi di lingkungan tersebut.
Beberapa ahli telah merumuskan pengertian budaya dengan pendapat mereka yang sesuai dengan keadaan masyarakat. Beberapa pendapat diantaranya adalah sebagai berikut:
Pengertian Kebudayaan – Dalam hidupnya, manusia tak pernah lepas dari kebudayaan dan adat istiadat. Budaya juga berfungsi sebagai identitas dan ciri khas. Untuk itu, keberadaannya amatlah penting. Tak heran jika setiap kelompok atau golongan masyarakat tertentu memiliki budayanya yang berbeda – beda.
Kata kebudayaan diambil dari Bahasa Sansekerta, yakni “buddhayah” yang artinya adalah hal – hal yang memiliki arti budi dan akal manusia. Secara garis besar, maksudnya adalah dengan budi dan akal, manusia dapat melangsungkan kehidupan. Budaya bersifat turun temurun, dari generasi ke generasi terus diwariskan. Ingin tahu lebih lanjut? Disini akan dibahas mengenai konsep kebudayaan serta contohnya.
Pengertian secara umum tentang budaya dapat beraneka macam. Akan tetapi, berakhir pada intinya yang hanya satu yaitu cara hidup yang dimiliki bersama oleh kelompok masyarakat tertentu. Terbentuk dari banyak unsur dan menyeluruh. Walaupun tidak ada aturan tertulisnya, budaya dapat bersifat memaksa sekaligus memberikan pedoman untuk berperilaku supaya kehidupan lebih bermartabat dan bersahaja.

KEBUDAYAAN BETAWI

Suku Betawi – Betawi merupakan suku yang erat kaitannya dengan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Suku Betawi telah ada dan mulai berkembang sejak zaman penjajahan Belanda. Ciri khas suku ini sangat dipengaruhi oleh orang-orang Belanda dan China yang telah mendominasi wilayah tersebut beberapa puluh tahun yang lalu.

Orang-orang Betawi juga merupakan sebutan bagi pribumi Jakarta yang telah mendominasi wilayah Ibukota Republik Indonesia tersebut. Karena sejarah Suku Betawi berhubungan dengan banyaknya orang-orang asing yang masuk ke daerah Jakarta, beberapa orang Betawi melakukan perkawinan silang dengan orang-orang asing  tersebut.
Suku-suku atau kelompok-kelompok yang dulu pernah tinggal di wilayah Betawi terdiri dari orang-orang Melayu, Arab, Sunda, Jawa, Bugis, Bali, dan lain-lain. Sehingga dari  perkawinan silang, didapatkan beberapa kebudayaan baru yang mengambil corak suku/kelompok tersebut.
Rumah Adat

Rumah adat asal Jakarta ini bernama rumah kebaya. Bentuk atap rumah yaitu perisai landai yang diteruskan dengan atap pelana yang lebih landai, terutama pada bagian teras. Bangunannya ada yang berbentuk rumah panggung dan ada pula yang menapak di atas tanah dengan lantai yang ditinggikan. Terdapat halaman rumah yang luas dan terdapat pagar paling luar dari rumah tersebut. Bentuknya sederhana dan terbuat dari kayu dengan ukiran khas betawi dengan bentuk rumah kotak ( dibangun diatas tanah berbetuk kotak). Rumah ini terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, kamar mandi, dapur dan teras extra luas.

Pakaian Adat
    
Ada beberapa jenis pakaian dari Betawi baik untuk laki laki atau perempuan.
Diantaranya adalah :

1. Baju Koko Sadariah

Pakaian adat betawi koko sadariah

Baju ini biasa dipakai oleh pria betawi yang sudah dewasa,bentuk dan setelannya mirip dengan baju koko umum yang biasa dipakai oleh kaum muslim beribadah ,namun jelas perbedaannya terletak pada bagian depannya dimana pada baju sadariah ini terdapat corak dan motif khas dari betawi.

2. Celana Batik

pakaian adat betawi, celana batik

Celana khas dari warga betawi yaitu celana dengan ukuran lebar bermotif batik ini , celana ini memiliki model sama dengan celana pendek dimana dibagian pingganya terdapat karet yang membuat bagian pinggang celana ini menjadi lentur . Celana ini biasanya digunakan bersama dengan baju sadariah.

3. Setelan Pangsi (Baju tradisional keseharian)

baju adat pangsi betawi

Dengan memakai setelan pangsi ini ,laki laki betawi akan terlihat kegagahannya . Setelan ini biasa digunakan para jawara silat saat saling berbalas pantun pada acara adat pernikahan betawi yaitu "Palang Pintu" . Perpaduan antara kaos polos , baju pangsi , celana pangsi mengatung diatas mata kaki ditambah sarung di pundak dan kopiyah merah dikepala tak lupa sabuk hijau khas betawi dan aksesoris golok dibagiaan pinggang.

4. Kebaya Betawi

Image result for kebaya betawi

Kebaya ini juga biasa di sebut oleh warga betawi kebaya encim . Baju khas betawi untuk perempuan ini sepintas terlihat seperti kebanyakan kebaya lainnya ,tapi yang membedakan kebaya ini tidak memiliki corak corak transfarannya dan kebaya betawi ini memiliki kancing dan terbuat dari kain yang halus ,warnanya pun kebanyakan adalah warna warna cerah dan mencolok.

5. Kain kebat motif batik

Image result for kain kebat betawi

Kain ini biasanya digunakan sebagai pasangan dari kebaya betawi, cara memakainya dilingkarkan di pinggang sehingga menyerupai rok panjang . Motif pada kain ini biasanya adalah batik coklat . Kain ini juga biasa disebut dengan kain tumpal.


Kesenian Dari Betawi

Betawi atau Jakarta memiliki kesenian tari yang ada di daerah tersebut, diantaranya :

A. Tarian

Tari Topeng










Tari ini sudah cukup lama di kenal sebagai tari tradisional asal betawi. Seni tari ini biasanya di gelar saat ada pernikahan, acara sunatan dan membayar nazar. Dalam Topeng Betawi, para penari memakai topeng dan bercerita lewat seni gerak. Kini tari Topeng Betawi sudah banyak dikreasikan, sehingga Tarian Betawi pun semakin beragam.


Tari Cokek Betawi.


Image result for tari cokek betawi 
Tarian betawi yang satu ini dibawa oleh para cukong atau tuan tanah peranakan tionghoa yang kaya rayaTarian cokek ini diiringi oleh musik Gambang Kromong. Pakaian tari Cokek Betawi agak mirip dengan tarian-tarian di Cina. Ciri khasnya dari tari ini yaitu goyang pinggul yang geal-geol.

B. Musik

Ada beberpaka musik khas Jakarta diantaranya :

Gambang Kromong








Kesenian musik ini merupakan perpaduan dari kesenianmusik setempat dengan Cina. Hal ini dapat dilihat dari instrumen musik yang digunakan, seperti alat musik gesek dari Cina yang bernama Kongahyan, Tehyan dan Sukong. Sementara alat musik Betawi antara lain : gambang, kromong, kemor, kecrek, gendang kempul dan gong. Kesenian Gambang Kromong berkembang pada abad 18, khususnya di sekitaran daerah Tangerang


Tanjidor
Image result for tanjidor

Tanjidor adalah sebuah kesenian Betawi yang berbentuk orkes. Kesenian ini sudah dimulai sejak abad ke-19. Alat-alat musik yang digunakan biasanya terdiri dari penggabungan alat-alat musik yang di tiup dengan, alat-alat musik gesek dan alat-alat musik perkusi. Biasanya kesenian ini digunakan untuk mengantar pengantin atau dalam acara pawai daerah

C. Bela diri 

Betawi atau Jakarta memiliki jenis bela diri tersendiri yang bernama Pencak Silat. Bela diri ini dimainkan oleh 2 orang yang memainkan dengan menggunakan pakaian khas betawai yaitu menggunakan baju koko, ikat pinggang khas betawi serta menggunakan peci. Biasanya bela diri ini dgunakan sebagai perlengkapan pada acara pernikahan atau pentas lainnya.
Image result for silat betawi


D. Kesenian

Berikut kesenian lain yang ada di betawi atau Jakarta :

Ondel-Ondel 


Ondel-ondel adalah sebuah kesenian betawi berupa boneka yang tingginya mencapai sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, boneka ini dibuat dari anyaman bambu agar dapat dipikul dari dalam oleh orang yang membawanya.Boneka tersebut dipakai dan dimainkan oleh orang yang membawanya. Pada wajahnya berupa topeng atau dengan kepala yang diberi rambut dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya di cat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan dicat dengan warna putih

Lenong

Image result for lenong

Lenong adalah sebuah pertunjukkan drama dengan alumna musik gambng kromong dan di tambah unsur lawakan dengan banyolan-banyolan tanpa adanya plot cerita. Jali

E. Lagu Daerah

Adapun lagu lagu dari betawi : Jali Jali , Keroncong Kemayoran , Kincir Kincir , Lenggang Kakung , Ondel 



Kebudayaan Nusa Tenggara Timur
1. Rumah Adat

Salah satu contoh rumah adat Nusa Tenggara Timur disebut Saoata Musalakitana. Rumah Saoata Musalakitana adalah rumah rumah adat di NTT, untukk tempat tinggal lurah, camat atau pembesar lainnya. Rumah ini berbentuk panggung dan dibawahnya terdapat balai panjang tempat menerima tamuyang tiangnya berdiri dari landasan batu besar, sehingga tidak perlu ditanam dalam tanah.
Rumah Adat Nusa Tenggara Timur 
2. Pakaian Adat

Pakaian adat yang dipakai kaum pria di NTT berupa topi dengan bentuk yang khas, baju jas ttup, selempang kain tenun dan bersarung kain tenun. Sebilah golok terselip didepan perut. Perhiasan yang dipakai berupa kalung dan pending.
Sedangkan wanitanya memakai hiasan kepala berbentuk bulan sabit, kain tenun yang menyelempang di bahu dan kain tenun yang menutup bagian dada hingga kaki.perhiasan yang dipakai adalah subang, kalung, pending, dan gelang tangan. Pakaian ini berdasarkan pakaian adat Rote.
Pakaian Adat NTT
3. Tarian

a. Tari Perang





Tari Perang
tari yang menunjukkan sifat sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yag dipakai berupa cambuk dan perisai.

b. Tari Gareng Lameng

Image result for tari gareng lameng ntt
Tari Gareng Lameng

dipertunjukkan pada upacara Khinatan. Tari ini berupa upacan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhinat sehat lahir dan batin dan suksesdalam hidupnya.

c. Tari Lendo Nusa Malole

Image result for tari lendo nusa malole
Tari Lendo Nusa Malole


berarti tarian ini dari negeri yang indah. Tari garapan yang menggunakan iringan musik sasando ini merupakan tari penyambut tamu yang memanfaatkan gerak gerak tari tertentu agar massa ikut dalam kegembiraan.

4. Senjata Tradisional

Senjata yang umumnya dipakai oleh penduduk NTT adalah Sundu atau Sudu, semacam keris. Penduduk menganggapnya sebagai senjata tikam yang keramat. Senjata lainnya adalah Saweo, Pisau, Kampak, Parang, dan Senapan Tumbuk.
Sundu, Senjata Tradisional NTT
5. Suku

Suku dan marga yang terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur adalah : Timor, Rote, Flores, Sabu, Dawan, Belu, Sumba, Helong, dan lain lain.

6. Bahasa Daerah

Sumba Timor, Hawu, Beku.

7. Lagu Daerah  

Potong Bebek, Desaku, Anak Kambing Saya.

KEBUDAYAAN KALIMANTAN SELATAN


1. Rumah Adat


Rumah adat Kalimantan Selatan dinamakan Rumah Banjar Bubungan Tinggi. Rumah Banjar Bubungan Tinggi mempunyai atap tinggi. Bagian depan rumah berfungsi sebagai teras yang dinamakan pelatar, tempat anggota keluarga bersantai.

Rumah ini merupakan rumah panggung dan dibawahnya dapat digunakan untuk menyimpan padi dan sebagainya. Seluruh rumah terbuat dari kayu ulin dan atapnya dari sirap kayu ulin.
Rumah Banjar Bubungan Tinggi

2. Pakaian Adat


Pria memakai pakaian adat berupa tutup kepala(destra), baju rompi, sarung sebatas dengkul dan celana panjang yang disebut selawar. Sedangkan sebilah keris diselipkan didepan perut.
Wanitanya memakai tutup kepala berhiasankan kembang goyang yang disebut sumping, baju dan kain bersulam emas. Perhiasan yang dipakainya beruapa anting anting, kalung, pending, dan gelang. Pakaian pengantinini berdasarkan adat banjar.

3. Tari tarian Daerah Kalimantan Selatan


a.   Tari Baksa Kembang
merupakan tai selamat datang pada tamu agung dengan    menyampaikan untaian bunga.

b.    Tari Radap Rahayu
dipertunjukkan pada upacara tepung tawar, sebelum pengantun pria dan wanita dipersandingkan dipelaminan.

c.   Tari Mantang Gandut
tari gandut merupakan jenis tari garapan yang diangkat dari tari tradisional Kalimantan Selatan. Tari ini termasuk jenis tari pergaulan, dimana penari wanita, yang dinamakan Gandut, berusaha menarik simpati penonton, sedangkan penari pria(Mantang) menyambut tantangan itu dengan memilih pasangannya.
Image result for tari mantang gandut
Tari Mantang Gandut

Image result for tari radap rahayu
Tari Radap Rahayu

Tari Baksa Kembang

4. Senjata Tradisional


Keris adalah salah satu senjata tradisonal diKalimantan Selatan. Ukurannya paling panjang lebih kurang 30cmdan matanya terlogam lainnya. Senjata buat dari besi dicampur logam lainnya. Senjata lainnya adalah anak mandau, bujak (sejenis tombak), sumpitan, dan beliung.
Keris
5. Suku 

Suku dan marga yang terdapat didaerah Kalimantan Selatan adalah : Banjar Hulu dan Banjar Kuala.

6. Bahasa Daerah


Banjar

7. Lagu Daerah 

Sapu Tangan Bapucu Ampat, Ampar Ampar Pisang.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Menggunakan Oli Adnoc Voyager Silver 10w-40 di Satria Injeksi

Halo sobat ISce , setelah kemarin ane mereview tentang penggunaan oli diesel di sibiru alias Satria Injeksi ane , sekarang giliran membagi pengalaman saya selama menggunakan oli PCMO yaitu Adnoc Voyager Silver 10w-40 di satria injeksi ane AVS Pelumas yang ane pake ini biasa disebut dengan oli arab atau oli gurun mwehehehe . Oli ini sebenarnya adalah oli yang diperuntukan untuk mobil . Nah langsung saja , untuk impresi awal si oli ini untuk akselerasi dan stop n go di kemacetan si cukup mumpuni belum terlalu wah banget tapi memang banyak si yang bilang oli ini mulai berasa enaknya setelah 500 km ditempuh , karna begitu penasarannya  hari hari pun berlalu bersama dengan oli ini sudah menempuh jarak 500km lebih dan cukup membuat kaget ane , dimana disaat oli motor umumnya sudah mulai berasa gaenak oli ini justru malah menunjukkan peforma aslinya yang sanga aduhai melehoi ,akselerasi jadi sangan enteng dan berasa dan untuk macet macettan dengan mesin suzuki satria yang terkena

Tren Teknologi yang Akan Berkembang di Masa Depan , tentang Cloud Computing , Moblie Computing, Ubiquitous Computing, Nano Science dan Grid Technology

Ada pun tren teknologi yang dikatakan akan sangat menjadi trending di masa depan yaitu tentang kendaraan tanpa awak (Pengemudi) atau yang disebut dengan " Google Self-Driving car " Google Car Belakangan semakin berkembangnya teknologi manusia apa yang dahulu hanyalah fiksi dalam layar kaca kini perlahan mulai terealisasi, teknologi yang bisa merealisasikannya adalah kecerdasan buatan atau   artificial intelligence (AI) .   S ebagaimana kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas yang umumnya berkaitan dengan tugas manusia semakin banyak dan semakin beragam data yang diolah, membuat komputer akan lebih mampu meniru tindakan manusia. Salah satu contoh penggunaan AI bagi dunia otomotif bisa dilihat melalui mobil tanpa pengemudi, yang di lengkapi kamera beresolusi tinggi, beragam sensor, digunakan untuk mengumpulkan data sebagai bagian dari  big data  dan selanjutnya diproses oleh komputer yang tertanam di dalam mobil unt

Spesifikasi Service Management Tools

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih spesifik dari spesifikasi servis managment . dari artikel sebelumnya diketahui ada banyak spesifikasi servis management system . salah satunya yaitu service management tools dimana ada tiga bagian dari servis management tools ini seperti yang terdapat pada SAP mata kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi . untung bagian yang pertama : 1. Tool Assessment Framework Ada banyak solusi dan alat ITSM yang telah muncul untuk membantu organisasi menerapkan ITSM secara efektif , merampingkan penyampaian layanan ,transparansi dan komunikasi . Intinya alat ITSM adalah solusi dari manajemen alur kerja yang mencakup kemampuan yang sangat berharga bagi tim tim IT  . adapun solusi yang berdiri bebas seperti help desk dan pusat pengetahuan. Dengan pertimbangan tesebut,adapun fitur fitur yang membuat solusi ITSM menjadi kuat atau disebut juga denga suite ITSM :  Alat layanan meja Manajemen tiket terpusat Manajemen insiden dan masalah Man